Memulai bisnis internet tak sesulit yang dibayangkan jika anda telah memiliki Panduan Bisnis Online yang tepat, justru Anda akan menikmatinya dan tak pernah menyangka kalau begitu mudah mengawali bisnis internet. Apalagi setelah berjalan dan hasilnya bisnis internet anda mulai menghasilkan uang, hemm… pasti anda tak akan mau bekerja offline lagi.
1. Tentukan Tujuan Bisnis dan Anggaran Dana.
Apa tujuan anda berbisnis internet? “Ya jelas menghasilkan uang!” pasti anda jawab begitu. Maksud saya, apa tujuan bisnis internet anda untuk mendapatkan konsumen baru atau untuk menyediakan layanan dan sebagai sarana komunikasi dengan para konsumen yang sudah ada? Atau mungkin tujuannnya untuk mengedukasi pasar target market anda? Atau malah barangkali untuk membuat komunitas online? Nah dalam tahap awal ini tentukan juga dana yang akan anda investasikan. Memiliki tujuan dan anggaran investasi yang jelas akan membuat langkah anda lebih efektif.
2. Tentukan Target Market
Bisnis modern mengenal yang namanya segmentasi atau target pasar yang dituju. Nah, tentukan secara jelas siapa saja target market anda. Apakah semua orang pria dan wanita? Berapa umur mereka? Bagaiaman kondisi social-ekonomi mereka? Berapa penghasilan mereka? Apa kata kunci yang biasa mereka gunakan di search engine?
Apa perlu sedetil itu? Ya, lebih detil lebih baik! Semakin anda paham target market anda, makin mudah bagi anda untuk meluncurkan jurus-jurus marketing anda.
3. Kenali Iklim Persaingannya
Ketahui dan pahami bagaimana pasar bisnis internet yang anda bidik. Seberapa banyak pemain di sana? Bagaimana produk mereka? Pasar mana yang belum tergarap maksimal? Dari sana anda bisa menentukan dimana posisi terbaik anda untuk sukses di pasar tersebut. Cara untuk mengetahui para pesaing Anda, coba cek di Alexa.
4. Perhatikan Strategi Marketing Anda
Para pebisnis internet sukses biasanya yang memiliki strategi marketing yang andal. Maksudnya, mereka memiliki strategi pemasaran yang bisa membuat pesan produk atau layanan mereka bisa sampai kepada target market seperti yang anda diinginkan.
5. Mengatasi Masalah
Alasan utama kenapa orang membeli atau menggunakan layanan anda adalah untuk memecahkan persoalan yang tengah mereka hadapi. Ingat baik-baik hal ini! Dan tanyakan pada diri anda apakah produk anda mampu mengatasi masalah mereka? Bagaimana cara produk anda melakukannya? Dan apakah solusi yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding para pesaing anda?
6. Mem-branding Bisnis Internet Anda
Cara mudah pertama membranding bisnis anda adalah dari nama domain. Inilah yang pertama kali membedakan bisnis internet anda dengan yang lainnya. Dalam pemilihan domain, saran saya pilihlah yang berakhiran “.com”. Sebab, dunia internet identik dengan dunia dot com.
Dalam pemilihan nama domain, ada tiga kecenderungan yang saya lihat. Yang pertama, biasanya menggunakan nama pemilik bisnisnya, seperti yang juga saya lakukan untuk blog ini. Kedua, menggunakan nama bisnis. Seperti yang juga saya lakukan di www.FormulaBisnis.com. Dan ketiga, menggunakan keyword yang paling sering digunakan pengakses internet.
Proses branding bisnis internet anda bukan hanya dalam soal nama domain. Tapi terutama dalam keseluruhan proses bisnis internet anda. Mulai dari tampilan (template atau desain situs web, font, warna), konten (copywriting, artikel, podcast, video), serta pelayanan.
Apakah anda sudah siap menerapkan panduan bisnis online diatas ?
Beberapa panduan bisnis online yang musti anda perhatikan
So, bagaimana? Saran saya, mulailah dari A sebelum sampai ke Z. Ikutilah panduan bisnis online berikut ini secara berurutan untuk mulai membangun bisnis internet Anda.1. Tentukan Tujuan Bisnis dan Anggaran Dana.
Apa tujuan anda berbisnis internet? “Ya jelas menghasilkan uang!” pasti anda jawab begitu. Maksud saya, apa tujuan bisnis internet anda untuk mendapatkan konsumen baru atau untuk menyediakan layanan dan sebagai sarana komunikasi dengan para konsumen yang sudah ada? Atau mungkin tujuannnya untuk mengedukasi pasar target market anda? Atau malah barangkali untuk membuat komunitas online? Nah dalam tahap awal ini tentukan juga dana yang akan anda investasikan. Memiliki tujuan dan anggaran investasi yang jelas akan membuat langkah anda lebih efektif.
2. Tentukan Target Market
Bisnis modern mengenal yang namanya segmentasi atau target pasar yang dituju. Nah, tentukan secara jelas siapa saja target market anda. Apakah semua orang pria dan wanita? Berapa umur mereka? Bagaiaman kondisi social-ekonomi mereka? Berapa penghasilan mereka? Apa kata kunci yang biasa mereka gunakan di search engine?
Apa perlu sedetil itu? Ya, lebih detil lebih baik! Semakin anda paham target market anda, makin mudah bagi anda untuk meluncurkan jurus-jurus marketing anda.
3. Kenali Iklim Persaingannya
Ketahui dan pahami bagaimana pasar bisnis internet yang anda bidik. Seberapa banyak pemain di sana? Bagaimana produk mereka? Pasar mana yang belum tergarap maksimal? Dari sana anda bisa menentukan dimana posisi terbaik anda untuk sukses di pasar tersebut. Cara untuk mengetahui para pesaing Anda, coba cek di Alexa.
4. Perhatikan Strategi Marketing Anda
Para pebisnis internet sukses biasanya yang memiliki strategi marketing yang andal. Maksudnya, mereka memiliki strategi pemasaran yang bisa membuat pesan produk atau layanan mereka bisa sampai kepada target market seperti yang anda diinginkan.
5. Mengatasi Masalah
Alasan utama kenapa orang membeli atau menggunakan layanan anda adalah untuk memecahkan persoalan yang tengah mereka hadapi. Ingat baik-baik hal ini! Dan tanyakan pada diri anda apakah produk anda mampu mengatasi masalah mereka? Bagaimana cara produk anda melakukannya? Dan apakah solusi yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding para pesaing anda?
6. Mem-branding Bisnis Internet Anda
Cara mudah pertama membranding bisnis anda adalah dari nama domain. Inilah yang pertama kali membedakan bisnis internet anda dengan yang lainnya. Dalam pemilihan domain, saran saya pilihlah yang berakhiran “.com”. Sebab, dunia internet identik dengan dunia dot com.
Dalam pemilihan nama domain, ada tiga kecenderungan yang saya lihat. Yang pertama, biasanya menggunakan nama pemilik bisnisnya, seperti yang juga saya lakukan untuk blog ini. Kedua, menggunakan nama bisnis. Seperti yang juga saya lakukan di www.FormulaBisnis.com. Dan ketiga, menggunakan keyword yang paling sering digunakan pengakses internet.
Proses branding bisnis internet anda bukan hanya dalam soal nama domain. Tapi terutama dalam keseluruhan proses bisnis internet anda. Mulai dari tampilan (template atau desain situs web, font, warna), konten (copywriting, artikel, podcast, video), serta pelayanan.
Apakah anda sudah siap menerapkan panduan bisnis online diatas ?
0 comments:
Post a Comment
Thaks Pal